Rabu, 07 Marh 2012 - 08:49:32 WIB
Melakukan Pertemuan Keselamatan (Safety Talk)
Diposting oleh : bima nusantara
Kategori: General - Dibaca: 38904 kali

Jika Anda diminta untuk menjalankan safety talk atau pertemuan keselamatan dan Anda belum pernah melakukannya sebelumnya, biasanya reaksi langsung Anda mungkin: “Oh, aku tidak bisa aku tidak pandai berbicara di depan umum saya tidak tahu harus berkata apa..!”

Tapi, mari kita hadapi itu, pelatihan keselamatan merupakan bagian dari pekerjaan Anda. Anda harus memberikan instruksi dan bimbingan yang memadai dan pengajaran keselamatan adalah bagian dari pekerjaan itu. Kabar baiknya adalah, Anda tidak perlu menjadi seorang pembicara profesional untuk memberikan penyuluhan keselamatan yang efektif tetapi Anda harus melakukan beberapa perencanaan. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda.

Tanya : Seberapa sering kita harus melakukan pertemuan keselamatan?

Jawab : Melakukan pertemuan secara berkala, seperti seminggu sekali, sehingga karyawan menjadi terbiasa kepada mereka dan menjadi bagian dari rutinitas kerja.

T. Di mana sebaiknya pertemuan itu diadakan?

J. Pilihlah tempat yang nyaman dan bebas dari gangguan. Anda tidak bisa berharap pendengar Anda untuk berkonsentrasi di lokasi yang bising atau di lokasi yang terlalu panas atau terlalu dingin. Jangan biarkan mereka merasa terlalu nyaman, meskipun, atau mereka mungkin tertidur dan melewatkan pesan keselamatan yang Anda sampaikan. Secara umum, ide yang baik untuk memiliki semua pertemuan rutin pada waktu dan tempat yang sama. Namun jika Anda akan berbicara tentang jenis mesin tertentu, misalnya, mempertimbangkan memiliki kelompok berkumpul di dekat mesin, bahkan jika semua orang harus berdiri.

T. Apa waktu pertemuan harus diselenggarakan?

J. Pilihlah waktu yang tidak mengganggu aktivitas kerja dan di mana semua orang waspada dan kemungkinan besar untuk membayar perhatian. Awal hari, sebelum mulai kerja, adalah saat yang tepat. Jika hal ini tidak nyaman, mengadakan pertemuan segera sebelum atau setelah makan siang atau istirahat kerja biasa. Akhir pergeseran, untuk alasan yang jelas, bukan waktu yang tepat.

T. Berapa lama pertemuan itu berjalan?

J. “Keep It Short & Simple” (kiss) adalah moto yang harus Anda pengang, dari 5 sampai 15 menit sudah cukup. (Sebagian besar pembicaraan harus berjalan sekitar 10 menit atau kurang.) Jika pertemuan itu menghasilkan banyak diskusi yang relevan, pertimbangkan untuk melanjutkan dengan subjek yang sama pada pertemuan atau di jadwal berikutnya pada pertemuan tambahan dalam satu atau dua hari.

T. Subjek Apa yang harus saya pilih ?

J. Dengan semua subjek yang berbeda dibahas, Anda seharusnya tidak memiliki kesulitan memilih salah satu. Namun, pilihan Anda harus relevan dengan pekerjaan kru Anda lakukan. Misalnya, jika Anda tidak dalam industri konstruksi. Di sisi lain, “Taman Aman” akan sesuai untuk bisnis apapun, seperti yang akan berbicara pada keselamatan secara umum, atau mengangkat keselamatan, atau keselamatan kebakaran. Ketepatan waktu adalah pertimbangan juga. Dengan kata lain, lockout akan menjadi topik yang tepat ketika perbaikan mesin dijadwalkan. Jika seorang pekerja baru-baru ini terjadi cedera punggung saat melakukan transfer persediaan dari gudang ke gudang lokal, “Lifting dan Material Handling Manual” adalah subjek yang tempat untuk safety talk Anda.

T. Haruskah saya tetap berpegang pada hanya satu topik?

J. Ya. Jadilah spesifik. Melantur terlalu banyak akan membuat audien Anda kehilangan perhatian. Bahkan ketika berhadapan dengan masalah yang sangat umum seperti bahaya tempat kerja, pandangan yang luas yang mungkin subjek perbincangan untuk diperkenalkan lalu sesi kemudian menentukan bahaya spesifik seperti terpeleset dan jatuh atau pecahan kaca.

T. Berapa banyak persiapan yang diperlukan?

J. Tidak banyak tapi bukan berarti tidak ada! Setelah memilih topik, membaca pembicaraan keselamatan tentang hal itu dan memilih satu atau lebih dari mereka sebagai panduan. Membuat catatan dari insiden dalam pengalaman Anda sendiri yang berkaitan dengan subjek. Tanyakan supervisor lainnya untuk saran seperti apa yang akan disertakan dalam pembicaraan-dan membuat catatan.

T. Bukankah lebih sederhana hanya untuk membaca salah satu pembicaraan keselamatan ?

J. Sederhana, mungkin, tapi bukan ide yang baik. Tidak ada yang akan membuat audien anda tidak mendengarkan lebih cepat daripada pembicara yang mengoceh sambil membaca kertas. Gunakan topik pembahasan , untuk mendapatkan “kail” untuk menarik perhatian, dan sebagai rincian dari poin yang Anda ingin sampaikan. Jadi cobalah sebisa mungkin untuk menyamapaikan materi dengan kata-kata Anda sendiri, dengan salinan yang selalu tersedia untuk referensi. Sekali lagi, semakin Anda dapat menyesuaikan dengan tempat kerja makan Anda lebih baik. Sekarang, statistik lokal dapat ditambahkan atau referensi dibuat untuk kejadian saat ini. Suatu pembicaraan tentang Fire Protection mungkin dimeriahkan dengan kutipan dari marshal kebakaran oleh masyarakat Anda. Ketika banjir atau angin topan dalam berita, saat yang tepat untuk meninjau prosedur dan darurat untuk mengingatkan para pekerja tentang nomor darurat yang akan digunakan.

T. Apakah ide yang baik untuk menggunakan alat peraga?

J. Tentu saja. “Tampilkan dan katakan” adalah cara terbaik untuk menyampaikan pesan. Dan kebanyakan orang mengingat apa yang mereka melihat setidaknya sejelas apa yang mereka hanya mendengar. Jika Anda berbicara tentang perkakas tangan yang rusak atau berbahaya, memiliki sampel untuk menunjukkan. Jika subjek adalah penanganan yang tepat dari drum baja, menunjukkan bagaimana hal itu harus dilakukan. Lebih baik lagi, telah anggota kelompok menunjukkan, dengan arah dari Anda. Alat bantu visual seperti grafik atau gambar juga dapat membantu, asalkan mereka cukup besar untuk terlihat dengan jelas.

T. Apakah saya harus membiarkan kelompok berpartisipasi dalam diskusi?

J. Dengan segala cara. Bahkan, mendorong itu dengan mengajukan pertanyaan. Sebagai contoh, Anda dapat memulai pertemuan itu dengan menjelaskan kecelakaan dan kemudian meminta saran pekerja tentang bagaimana mungkin dihindari. Ini penting, bagaimanapun, bahwa Anda tidak membiarkan pertemuan itu keluar dari kontrol. Tetap pada jalur, dan pastikan itu tidak berubah menjadi sesi keluhan umum.

Q. Bagaimana dengan ketika mereka mengajukan pertanyaan?

J. Jika pertanyaannya adalah relevan dan Anda tahu jawabannya, berikanlah. Jika Anda tidak tahu, katakan demikian, tapi katakan penanya bahwa Anda akan menemukan jawabannya dan kembali kepadanya. Kemudian pastikan Anda melakukannya. Jika informasi yang dapat berguna untuk seluruh kelompok, Anda mungkin ingin mengulang pertanyaan bersama dengan jawaban pada pertemuan berikutnya. Jika pertanyaan tidak ada hubungannya dengan subjek pertemuan, jangan biarkan diri Anda menjadi teralihkan. Katakan pada kuesioner Anda akan membahasnya secara pribadi setelah pertemuan itu.

T. Apakah saya harus menyimpan catatan kehadiran?

J. Ya. Setiap karyawan yang menghadiri pertemuan harus menandatangani formulir pertemuan (melihat contoh terlampir). Kemudian Anda, sebagai pengawas, harus mengisi formulir dan meneruskannya ke mana pun prosedur perusahaan Anda panggilan untuk. Jika pekerja Anda telah datang dengan saran yang berharga selama pertemuan, atau telah mengingatkan Anda untuk bahaya keamanan tertentu, catat mereka di bagian bawah dari bentuk-dan pastikan untuk menindaklanjuti, baik dengan mengurus masalah sendiri atau dengan membawa mereka menjadi perhatian otoritas yang tepat. Jenis catatan penting. Jika perusahaan dipertanyakan oleh OSHA, formulir dapat digunakan sebagai bukti bahwa karyawan diberi informasi keselamatan spesifik dan petunjuk. Tentu saja, apa lembaga keamanan paling tertarik adalah bagaimana para pekerja juga memahami dan bertindak berdasarkan informasi ini-sehingga Anda perlu yakin bahwa perilaku pekerja mencerminkan pedoman / instruksi yang Anda berikan dalam pembicaraan Anda dan pelatihan lainnya. Jika tidak, catatan dapat mendukung tindakan manajemen jika perlu untuk mendisiplinkan pegawai untuk melanggar peraturan keselamatan. Beberapa perusahaan juga mencatat kronologis “sejarah pelatihan” setiap karyawan dalam file individu nya di tempat kerja atau di departemen personalia. Yang dapat digunakan untuk tujuan yang sama sebagai catatan pertemuan, serta untuk tujuan lain. Misalnya, setelah transfer atau promosi, dapat menunjukkan apakah seseorang tersebut memperoleh semua informasi keselamatan dan pelatihan yang diperlukan untuk tugas baru atau sangat membutuhkan pelatihan tambahan atau penyegaran.

T. Saran akhir?

J. Berikut adalah teknik mencoba-dan-teruji untuk membantu Anda memberikan pengarahan keselamatan yang lebih baik. Ada yang disebut “P Lima” Rencana:

Siapkan. Berpikir, menulis, membaca, mendengarkan, mengatur, dan berlatih pembicaraan Anda.

Tepat. Jangan mencoba untuk menutupi tanah terlalu banyak dalam satu sesi. Fokus pada satu ide utama.

Personalisasi. Bawa dekat tunduk pada rumah, untuk memberi makna bagi pendengar Anda.

Pictorialize. Menciptakan gambaran mental yang jelas bagi pendengar Anda. Gunakan benda-benda fisik atau alat bantu visual bila memungkinkan.

Resep. Pastikan Anda memberitahu pendengar Anda tepat apa yang mereka harus atau tidak harus lakukan untuk menjaga diri dan rekan kerja mereka-aman dan harus tepat.

Meskipun Anda tidak minta, berikut adalah dua kata tambahan saran: Tindak lanjut! Membuat sebuah titik untuk memeriksa  Anda selama minggu mengikuti safety talk untuk melihat apakah mereka sedang berlatih apa yang Anda ajarkan. Itu cara paling pasti untuk menentukan apakah pembicaraan keselamatan Anda efektif. Karyawan yang telah menunjukkan inisiatif dengan mengajukan pertanyaan atau datang dengan ide-ide yang baik harus diberikan suatu kata pujian baik dalam pertemuan itu atau ketika Anda lulus workstation mereka.



4 Komentar :

defencely
01 June 2015 - 16:18:41 WIB

That is a very good tip especially to those new to the blogosphere.
Simple but very precise info Thanks for sharing this one.

A must read post!
Realash opinie
02 June 2015 - 02:06:54 WIB

W celu zwiększenia piękna rzęs stosowane mogą być zabiegi takie jak przedłużanie rzęs dzięki odżywkom do rzęs.


W celu podwyższenia uroku rzęs aplikowane mogą być zabiegi
takie jak odżywianie rzęs dzięki odżywkom do rzęs.

W ostatnim czasie doszło do rewolucji w dziedzinie przedłużania rzęs, gdyż istnieje szeroka gama
produktów powstałych dla wzmocnienia rzęs.


W ostatnim okresie doszło do rewolucji w sferze przedłużania rzęs, ponieważ jest duża paleta towarów
powstałych dla przedłużenia rzęs.

REALASH to niekwestionowany nr 1 na świecie wśród odżywek
do rzęs – przetestowany przez prawdziwe kobiety,
przebadany przez dermatologów, polecany przez blogerki z całego świata.

Odżywka do rzęs REALASH jest niekwestionowany
nr 1 na świecie wśród odżywek do rzęs – sprawdzony przez dogłębne klientki, przebadany przez dermatologów, zalecany
przez klientki z całego świata.
kitchen floor tiles
02 June 2015 - 04:27:13 WIB

My partner and I absolutely love your blog and find a lot of your post's to be just what I'm looking for.
Do you offer guest writers to write content for you personally?
I wouldn't mind composing a post or elaborating on some of the subjects you write concerning here.
Again, awesome blog!
GriceldaOMosakowski
02 June 2015 - 08:40:22 WIB

Amazing! This blog looks exactly like my old one! It's on a entirely different subject
but it has pretty much the same page layout and design. Great choice of colors!

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)